Jumat, 27 Juni 2008

Well Testing

Apa artinya Well Testing ?

Well testing adalah metode untuk mendapatkan berbagai properti dari reservoir secara dinamis dan hasilnya lebih akurat dalam jangka panjang.

Tujuannya:

  • Untuk memastikan apakah sumur akan mengalir dan berproduksi.
  • Untuk mengetahui berapa banyak kandungan hidrokarbon di dalam reservoir dan kualitasnya.
  • Untuk memperkirakan berapa lama reservoirnya akan berproduksi dan berapa lama akan menghasilkan keuntungan secara ekonomi.

Teknik ini dilakukan dengan mengkondisikan reservoir ke keadaan dinamis dengan cara memberi gangguan sehingga tekanan reservoirnya akan berubah. Jika reservoirnya sudah/sedang berproduksi, tes dilakukan dengan cara menutup sumur untuk mematikan aliran fluidanya. Teknik ini disebut buildup test. Jika reservoirnya sudah lama idle, maka sumur dialirkan kembali. Teknik ini disebut drawdown test.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Blog yang sangat bagus....aku bangga adik-adik kelasku udah banyak yang kreatif....apalagi ngisi hal2 yang positif seperti ini, saluut & keep strugle...

oia kbtulan aku di welltesting nih, beberapa metode yang telah di sebutkan tadi benr sekali...mgkin ade jg udah tau banyak diantaranya ada DST (drill stem test), Isochronal Test, Modified Isochronal Test, Build up , drawdown...dan kesemuanya itu seringkali di lakukan secara berurutan dalam satu test....tujuannya yg paling penting adalah untuk mencari Produksi Optimum suatu sumur

salam kenal ya de,

Anton S
Alumni AKAMIGAS '06